Gempa Susulan di Jepang | Tsunami di Jepang

Yapp. Gempa Jepang Kembali mengguncang dengan intensitas yang relatif besar Serangkaian gempa susulan mengguncang Jepang pagi ini. Gempa tersebut memicu peringatan terjadinya tsunami. Sehari sebelumnya Jepang diguncang gempa 7,2 skala richter (SR) dan tsunami kecil.

Belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat gempa susulan ini.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan, gempa pagi ini merupakan gempa susulan dari gempa yang terjadi kemarin di wilayah yang sama. Getaran gempa dirasakan sampai ratusan kilometer dari Tokyo. Gempa juga memicu terjadinya tsunami kecil.

Gempa-gempa susulan tersebut memiliki kekuatan 6,8 SR yang terjadi pada pukul 06.24 pagi waktu setempat dan 6,1 SR yang terjadi tiga jam lebih awal. Demikian dikutip dari CBS, Kamis (10/3/2011).

Pemerintah langsung menaikan peringatan tsunami setelah kedua gempa kuat itu terjadi di Prefektur Fukushima, Jepang pusat. Namun peringatan tersebut dicabut kembali beberapa saat kemudian.

Gempa susulan tersebut berpusat di 150 kilometer pesisir tenggara Jepang, sekira 440 kilometer tenggara Tokyo. Gempa terjadi di kedalaman antara 8-10 kilometer.

Jepang berada di wilayah Ring of Fire, lengkung gempa dan wilayah volkanis yang merentang di sekitar Lingkar Pasifik dan sekitar 90 persen gempa di dunia terjadi di sana.(rhs)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gempa Susulan di Jepang | Tsunami di Jepang"

Posting Komentar